Senin, 02 Maret 2020

Tes Potensi Akademik Bappenas Online


Tes Potensi Akademik Bappenas Online






Tes Potensi Akademik Bappenas Online – TPA atau Tes Potensi Akademik yaitu tes untuk mengukur seberapa jauh kemampuan yang telah ditangkap secara intelektual.  Jadi, TPA memiliki kaitan yang erat dengan intelektual seseorang. Umumnya, TPA meliputi tes persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), analogi, deret angka/huruf, logika angka, aritmatika, penalaran, logika, dan spasial.



Tes potensi akademik Bappenas juga digunakan untuk mengetahui serta mengevaluasi kemampan seseorang yang ingin melakukan pendaftaran beasiswa, menjadi pegawai atau karyawan, dan beberapa kategori lainnya. Tes ini merupakan tes yang bisa dilakukan secara berkelompok atau organisasi, dan juga perorangan.



Soal Tes Potensi Akademik

  • Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.
  • Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.
  • Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.
 

Permasalahan Seputar Tes Potensi Akademik

Ketika menjelang Tes Potensi Akademik (TPA), pada umumnya calon peserta mengalami problematika dalam menghadapi TPA Bappenas. Problematika dalam menghadapi TPA Bappenas adalah sebagai berikut :

  1. Tes Potensi Akademik (TPA) bukanlah suatu mata pelajaran atau matakuliah yangdiajarkansecarakhusus di institusi pendidikan formal. Sehingga, banyak calon peserta TPA merasa mengalami kesulitan, kebingungan, bahkan stress dalam menghadapi ujian Tes Potensi Akademik (TPA).

  1. Asumsi bahwa untuk meraih skor tinggi di Tes Potensi Akademik (TPA) diharuskan menghapalkan banyak rumus. Tidak semua orang menyukai dan harus menyukai matematika. Kepandaian matematika hanyalah satu jenis dari kepandaian yang dimiliki manusia.

  1. Anggapan bahwa proses ujian Tes Potensi Akademik (TPA) itu susah dan menegangkan laksana momok menakutkan di malam hari.

  1. Banyaknya buku persiapan TPA yang beredar di Toko Buku tanpa isi kredibel. Tapi kita tidak tahu buku yang manakah yang benar-benar dapat membantu persiapan TPA kita. Silahkan anda membeli beberapa buku TPA di Toko Buku terdekat. Jangan kaget jika anda akan menemukan isi buku-buku TPA tersebut isinya hampir sama, hanya beda cover, nama penulis, dan penerbit.

  1. Isi buku persiapan TPA yang sangat berbeda dengan ujian TPA sesungguhnya. Anda tidak akan dapat mengetahui kebenaran isi buku persiapan TPA sebelum mengikuti ujian TPA sesungguhnya. Saya telah membeli beberapa buku persiapan TPA, dan sangat kecewa dengan isinya karena simulasi buku TPA jauh berbeda dengan ujian TPA asli.

Soal TPA OTO Bappenas terdiri atas 250 soal dengan waktu pengerjaan 3 jam. Soal dibagi dalam 3 subtes, yaitu tes kemampuan verbal, tes numerik, dan tes penalaran.




Nah, untuk Anda yang ingin melakukan tes Bappenas ada baiknya jika Anda mengikuti Pelatihan Tes Potensi Akademik Bappenas Online untuk mengetahui kemampuan Anda dan menambah pengetahuan Anda seputar TPA. Kami memberikan kesempatan bagi Anda yang berada di luar kota Jabodetabek untuk mengikuti kelas online yang kami selenggarakan sebulan sekali pada hari Sabtu/Minggu. Dan bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek bisa mengikuti Pelatihan TPA Reguler yang kami selenggaran sebulan dua kali di minggu kedua dan minggu ke empat.


Pelatihan Tes Potensi Akademik Bappenas Online ini kami selenggarakan untuk memudahkan Anda yang berada di luar wilayah Jabodetabek dan keterbatasan waktu yang Anda miliki. Jadi, Pelatihan Tes Potensi Akademik Bappenas Online ini merupakan sebuah SOLUSI untuk Anda yang memiliki waktu terbatas tapi tetap bisa belajar walau dengan jarak jauh.


Pelatihan TPA Online ini memiliki sistem yang sama dengan dengan Pelatihan TPA Reguler kami, yaitu Anda akan mengerjakan terlebih dahulu soal yang sebelumnya sudah kami kirim kemudian akan dibahas.



Pelatihan Tes Potensi Akademik Bappenas Online nya pakai apa ?

Pelatihan Tes Potensi Akademik Bappenas Online kami menggunakan grup WhatsApp untuk tanya-jawab dan youtube untuk video pembahasan. Jadi sejauh apapun jarak Anda akan tetap terjangkau.



Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan  bangku kuliah  di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang  baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor  yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda;  peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan  peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa. Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi  seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll,  maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting  agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.



Bagaimana Pendaftaran Pelatihan Tes Potensi Akademik Bappenas Online ?

Caranya cukup mudah… untuk pendaftaran silahkan klik disini

Biaya Pelatihan TPA Online sebesar Rp. 1.000.000,- Rp. 490.000,-


Ketentuan :

*DP min. Rp 190.000 + 3 digit terakhir no.tlp Anda sebagai kode transfer

*Pelunasan maks. 3 hari sebelum Pelatihan TPA Online dimulai


Jika Anda berminat mengikuti Pelatihan TPA Online dengan kami silahkan hubungi kami 0821 4324 7049 atau Klik WhatsApp Sekarang






Tes Potensi Akademik Bappenas Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar